Percetakan Undangan Pernikahan Terlengkap dan Terbesar di Jakarta
087882324342 sms 087882324342 087882324342 D4E30798
Selamat Menjalankan Ibadah Puasa - Buat Kamu Yang Nyari Undangan Pernikahan Dan Banyak Diskonnya Disini Tempatnya

PERNIKAHAN ADAT JAWA

Wednesday, February 1st 2017.

pernikahan adat jawa Sumber Gambar : https://www.instagram.com/djoko_soekowardojo/

PERNIKAHAN ADAT JAWA

Biasanya tiap-tiap daerah memiliki adat tersendiri dalam sebuah acara pernikahan seperti di daerah jawa. Jika Anda termasuk orang jawa atau pasangan Anda adalah orang jawa yang masih teguh dalam adat istiadat maka Anda perlu mempelajari rangkaian acara dalam pernikahan adat jawa tengah dan sekitarnya ini. Sebenarnya prosesi pernikahan adat jawa dapat berlangsung lebih dari satu hari bahkan pada zaman dahulu berlangsung selama 7 hari karena diadakan pertunjukkan wayang. Kami telah membaginya dalam 5 tahap :

1.Prosesi Pembicaraan

Seperti namanya prosesi pembicaraan maka tentu yang menjadi inti dari semua ini adalah pembicaraan, pembicaran pertama hingga acara pelamaran.

A.Congkog

Dimana seseorang diutus oleh pihak lelaki untuk mencari tahu informasi terkait kondisi dan situasi calon besan. Tugas utamanya adalah menanyakan status calon perempuan, apakah masih sendiri atau sudah ada pihal yang mengikat.

B.Salar

Jika tadi congkong bertugas untuk mencari tahu perihal besan maka jawaban dari semua itu ada pada acara salar yang diselenggarakan oleh seorang wali, baik itu wali yang pertama atau bukan.

C.Nontoni

Seperti namanya nontoni maka dalam acara ini keluarga besar pihak laki-laki datang ke rumah pihak perempuan dengan maksud melihat atau menonton si calon perempuan. Baik itu dari segi kepribadian, fisik, gerak-gerik serta hal-hal lainnya. Acara ini dapat berlangsung apabila pihak perempuan telah memberi sinyal setuju kepada pihak lelaki.

D.Ngelamar

Utusan dari pihak lelaki datang dengan tujuan melamar si perempuan pada hari yang telah disepakati. Dalam acara ini pula biasanya membahas tentang kapan dilaksakannya pernikahhan dan kapan dilaksanakan pula rangkaian upacara pernikahan itu sendiri.

2.Prosesi Kesaksian

Setelah melalui prosesi pembicaraan maka prosesi selanjutya adalah peneguhan pembicaraan yang akan disaksikan oleh pihak ketiga baik itu kerabat, tetangga atau pun sesepuh.

A.Serah-serahan

Barang-barang yang diberikan dengan tujuan memperlancar penyelenggaran acara hingga acara selesai. Biasanya barang-barang itu adalah cincin, seperangkat alat shalat, pakaian wanita, perhiasan, makanan tradisional, daun sirih serta uang.

undangan laser cutting

1.Peningsetan

Acara tukar cincin yang melambangkan kuatnya ikatan pembicaran dengan tujuan mewujudkan dua kesatuan.

2.Asok Tukon

Pihak lelaki menyerahkan uang kepada pihak perempuan dengan tujuan meringankan pihak perempuan itu sendiri.

3.Paseksen

Proses permohonan doa restu yang disaksikan oleh orang-orang yang hadir dalam acara ini. Namun ada juga beberapa pihak yang telah ditunjuk untuk menjadi saksi secara khusus yang nantinya akan mendapat ucapan terimakasih berupa tembaga miring (uang dari pihak calon besan).

4.Gethok Dina

Ditentukannya hari akad nikah dan resepsi pernikahan. Biasanya dilakukan dengan melibatkan seseorang yang ahli dalam perhitungan hari, tangga serta bulan yang baik. Namun bisa juga hanya dari kesepakatan dari kedua keluarga pengantin.

Undangan Laser

Seperti yang telah disampaikan bahwa terdapat lima tahap pernikahan adat jawa. Sebelumnya kami telah kami sebutkan tahap pertama dan kedua kini saatnya membahas pernikahan adat jawa selanjutnya.

3. Prosesi Siaga

Proses ini melibatkan sesepuh dan juga sanak saudara yang nantinya akan dijadikan panita dalam pesta pernikahan.

A.Sedhanan

Pembuatan hingga pembagian kartu undangan pernikahan.

B.Kumbakarnan

Pertemuan yang mengundang sanak saudara, keluarga, para tetangga hingga kenalan. Tujuan dari pertemua ini adalah membicarakan rincian program kerja untuk panitia dan para pelaksananya.

C.Jenggolan

Pelaporan kepada pihak KUA (Kantor Urusan Agama).

4.Prosesi Upacara

Biasanya sehari sebelum berlangsungnya acara pernikahan pintu gerbang rumah mempelai perempuan akan dihiasi dengan tarub atau yang biasa disebut dekorasi tumbuhan. Dekorasi ini biasanya terdiri dari pohon pisang, buah pisang, buah kelapa, tebu serta daun beringin yang bermakna agar pasangan dapat hidup baik dan bahagia dimana pun mereka berada.
Pasangan pun akan saling mencintai serta merawat keluarga mereka dengan baik. Dekorasi lainnya pun adalah kembang mayam, yaitu suatau karangan bunga yang terdiri dari sebatang daun pohon kelapa dan pohon pisang.

A.Pasang tratag dan tarub

Tarub bearti hiasan dari janur kuning atau daun kelapa muda yang di sobek-sobek kemudian di pasang di sisi tratag dan ditempelkan pada pintu gerbang tempat berlangsungnya resepsi agar terlihat meriah. Hal itu merupakan tanda resmi bahwa akan diakan hajatan mantu kepada masyarakat. Hal ini juga dapat dilengkapi dengan uba rambe selamatan dengan sajian makanan berupa nasi uduk, nasi asahan , nasi golong, apem dan kolak ketan.

B.Kembar mayang

Kembar mayang sering juga disebut dengan sekar kalpatura dewandaru. Ini merupakan lambang kebahagian serta keselamatan. Benda ini biasanya dipakai untuk menghiasi panti atau asasanan wiwarayang yang di pakai dalam acara panebusing kembar mayang dan upacara adat panggih. Ketika acara telah usai kembar mayang akan dibuang di perempatan jalan, sungai atau pun laut tujuannya agar kedua penganti ingin asa muasalnya.

C.Pasang Tuwuhan (Pasren)

Tuwuhan atau yang biasa dikenal dengan tumbuh-tumbuhan sebagai lambang isi dari alam semesta yang mempunyai arti tersendiri. Biasanya tuwuhan ini dipasang di pintu masuk tempat duduk pengantin atau tempat pernikahan berlangsung.

D.Siraman

Memandikan calon mempelai dengan niat membersihkan diri supaya menjadi bersih dan suci lahir serta batinnya. Urutan upacara ini diawali dengan calon pengantin yang memohon doa restu kepada orangtuanya, kemudian kedua calon pengantin itu duduk di tikar pandan kemudian disiram oleh pini sepuh oleh orangtua atau pun orang lain yang telah ditunjuk. Terakhir calon pengantin disiram air kendi oleh ibu bapaknya dan ibu bapaknya pun berkata “Niat Ingsun ora mecah kendi nanging mecah pamore anakku wadon” setelah itu kendi yang telah kosong dipecahkan ke lantai.

E.Adol Dhawet (Jual Dawet)

Penjual dari dawet ini adalah ibu calon mempelai perempuan yang dipayungi oleh ayah calon mempelai perempuan. Untuk membeli dawet ini para tamu dapat menggunakan pecahan genting sebagai alat tukar.

F.Paes

Upacara ini adalah upacara menghilangkan rambut halus yang tumbuh di sekitar dahi calon pengantin tujuannya agara wajah calon pengantin menjadi bersih dan bercahaya. Setelah dicukur kemudian akan dihias.

G.Midodareni

Mempelai perempuan akan didandani secantik Dewi Widodari. Orangtuanya pun akan memberikan makan anak perempuannya untuk terakhir kali karena mulai besok perempuan itu akan menjadi tanggung jawab suaminya.

H.Selametan

Berdoa bersama demi berlangsungnya keselamatan pelaksanaan akad nikah.

I.Nyantri

Upacara penyerahan serta penerimaan dengan ditandai datangnya calon lelaki dan juga pengiringnya.
Bagaimana? Cukup banyak bukan? Tunggu dulu ini belum selesai karena masih ada tahap yang kelima atau tahap terakhir.

Undangan Pernikahan

Sebelum membahas tahap ke lima dari prosesi pernikahan adat jawa bagian tiga, kami sarankan Anda untuk membaca tulisan pernikahan adat jawa bagian satu dan dua. Berikut adalah prosesi kelima dari pernikahan adat jawa atau prosesi terakhir.

5. Prosesi puncak atau inti resepsi

A. Ijab Qabul

Seperti pada pernikahan pada umumnya maka ketika terlaksananya ijab qabul kedua mempelai sudah sah menjadi suami istri.

B. Upacara panggih

1. Liron kembar mayang atau yang juga dikenal dengan menukar kembang mayang, hal ini memiliki arti dan tujuan bersatunya cipta, rasa dan kasra demi kebahagiaan serta keselamatan.

2. Lempar daun sirih atau gantal memiliki arti untuk menghilangkan semua godaan bersamaan dengan lemparan tersebut.

3. Ngidak endhog atau injak telur yang dilakukan oleh mempelai lelaki kemudian dibersihkan kakinya oleh mempelai perempuan sebagai lambang dari pecahnya pamor seksual mereka.

4. Meminum air kelapa atau degan yang merupakan simbol dari air hidup atau air suci. Setelah meminum air kelapa dilanjutkan dengan di kepyok bunga warna-warni yang memiliki harapan bahwa keluarga kedua mempelai kelak dapat berkembang dalam segala-gala hal serta bahagia lahir dan batin.

5. Masuk ke pasangan yang memiliki arti bahwa kedua mempelai siap menjadi pasangan hidup dan siap berkarya dalam melaksanakan kewajiban.

6. Sindur yaitu menyampirkan kain (sindur) ke pundak mempelai kemudian menuntunnya ke kursi pelaminan, hal ini memiliki harapan agar keduanya tidak mudah putus asa dan siap menghadapai segala tantangan kehidupan.

Setelah upacara panggih selesai, kedua mempelai diantar untuk duduk di sasana riengga kemudian dilanjutkan oleh acara berikutnya.

1.Timbangan atau kedua mempelai duduk dipangkuan ayah mempelai perempuan, hal ini melambangkan pengukuran sayang ayah kepada keseimbangan masing-masing mempelai.

2.Kacar-kucur yaitu dimana mempelai lelaki mengucurkan penghasilan kepada mempelai perempuan berupa uang receh serta kelengkapannya. Hal ini merupakan lambang dari bertanggung jawabnya kaum lelaki dalam memberi nafkah kepada keluarga.

3.Dulangan, dimana kedua mempelai saling menyuapi merupakan kiasan dari perpaduan kasih antara mempelai lelaki dan perempuan. Ada juga yang memaknai lain yaitu tutur adilinuwih (seribu nasih yang adiluhung) disimbolkan dengan sembilan tumpeng.

C. Upacara babakkawah

Upacara ini khusus bagi keluarga yang baru pertama kali hajatan mantu putri sulung atau mantu putri anak pertama. Upacara ini ditandai dengan membagi harta benda seperti uang receh, beras kuning, umbi-umbian dan lain-lainnya.

D. Tumplek Punjen
Numpak memilik arti menumpahkan dan punjen memiliki arti berbeda beban di atas bahu. Jadi arti dari tumpek punjen adalah telah lepas darma orang tua kepada anaknya. Tata cara seperti ini hanya dilakukan oleh keluarga yang tidak akan bermantu lagi atau semua anaknya sudah menikah.

E. Sungkeman
Merupakan ungkapan bakti kepada orangtua dan juga untuk memohon doa restu.

F. Kirab
Istilah yang menggambarkan ketika kedua mempelai meninggalkan tempat duduknya untuk berganti pakaian.

Bila ada kesalahan penulisan dan urutan proses kami mohon maaf sumber artikel diambil dari berbagai sumber sumber online dan offline yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Bila ingin mengetahui urutan prosesi pernikahan adat jawa secara sempurna silahkan hubungi para sesepuh yang sudah ahli dalam pembuatan perencanaan pernikahan adat jawa yang benar dan tepat.

Hubungi Kami Untuk Pembuatan Undangan Pernikahan Dengan Desain Pernikahan Adat Jawa di Jakarta.
Alamat Galery & Workshop :
Website : kartuundangannikah.com
Jl. Bekasi timur IV no.26A, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur
Tlp/Sms/WA : 0878 8232 4342
PIN BB : 5C62FD6E / 57634109

Produk terbaru

New
Rp 1.800
Order Sekarang » SMS : 087882324342
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeNUR & SUYADI
Nama BarangCetak Undangan Murah Jakarta Timur
Harga Rp 1.800
Lihat Detail
Best Seller
Rp 1.900
Order Sekarang » SMS : 087882324342
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeNOVIYANTI dan DINDIN
Nama BarangUndangan Pernikahan Jakarta Pusat
Harga Rp 1.900
Lihat Detail
Sale
Rp 1.900
Order Sekarang » SMS : 087882324342
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeMartin&Linda
Nama BarangUndangan Pernikahan Pasangan MARTIN dan LINDA
Harga Rp 1.900
Lihat Detail
New
Rp 1.900
Order Sekarang » SMS : 087882324342
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeUndanganPernikahanKalender
Nama BarangUndangan Pernikahan Kalender Unik
Harga Rp 1.900
Lihat Detail
Best Seller
Rp 2.000
Order Sekarang » SMS : 087882324342
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeKhitanan
Nama BarangContoh Undangan Khitanan Anak Anak
Harga Rp 2.000
Lihat Detail
New
Rp 1.900
Order Sekarang » SMS : 087882324342
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kodecandydanhero
Nama BarangUndangan Pernikahan Islami CANDY dan HIRO
Harga Rp 1.900
Lihat Detail
Best Seller
Rp 1.900
Order Sekarang » SMS : 087882324342
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeUndangan Jakarta APRISKA dan ENDRAS
Nama BarangUndangan Jakarta APRISKA dan ENDRAS
Harga Rp 1.900
Lihat Detail
Best Seller
Rp 1.900
Order Sekarang » SMS : 087882324342
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeAMANDADANARIF
Nama BarangUNDANGAN PERNIKAHAN SOFTCOVER AMANDA DAN ARIP
Harga Rp 1.900
Lihat Detail

Temukan Kami di

087882324342
087882324342
D4E30798
087882324342